Dankodiklatal : Hasil Didik Kodiklatal Sebagai Patriot Negara Penjaga Kedaulatan Laut NKRI

Bagikan berita:

Media Jabar. Net. TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, — “Kodiklatal sebagai bagian integral organisasi TNI AL memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi. Oleh karena itu, Prajurit Matra Laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai Patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia guna menjaga kedaulatan di laut”.

Demikian dikatakan Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah saat memimpin Upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa Dikmata Angkatan 43/2 TNI Angkatan Laut TA. 2023, bertempat di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil Kodiklatal, Juanda Sidoarjo. Senin, (01/04/2024).

Kepada 556 Siswa Dikmata TNI AL , Dankodiklatal dengan rasa bahagia dan bangga mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, sehingga para Siswa dapat mengikuti acara pelantikan sekaligus penyumpahan Tamtama TNI AL dengan pangkat Kelasi Dua (Kld) dan Prajurit Dua (Prada) Marinir.

Menurut Dankodiklatal sebagai upaya untuk terwujudnya hasil didik yang memenuhi standar kompetensi serta memiliki moral dan mental kejuangan yang tinggi, maka para Siswa tidak boleh terus larut oleh kebanggaan dan berpuas diri karena telah dilantik menjadi Prajurit TNI AL.

Namun, para Siswa harus lebih bersemangat untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi dengan menanamkan disiplin dan tekad yang kuat untuk mengikuti pendidikan tahap dasar golongan lanjutan yang tidak kalah pentingnya dengan pendidikan yang telah diselesaikan di Puslatdisarmil.

“Sebagai rangkaian dari tahapan pendidikan yang harus diikuti, para siswa akan melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum selama 4,5 sampai dengan 7 bulan sesuai Kejuruan masing-masing”, terangnya.

Selanjutnya untuk menunjukkan kemampuan sebagai Prajurit Jalasena yang tangguh, profesional dan militan, para Siswa Dikmata menampilkan Demonstrasi yaitu, Demo Senam balok, Senam Senjata dan Senam Perahu karet, Demo Taktik Tempur Dasar, Demo Bongkar Pasang Senjata dan Lempar Tali buangan, Demo Bela diri Militer, Demo Kolone Senapan, dan Yel-yel.

Setelah selesai memimpin Upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa Dikmata Angkatan 43/2 TNI Angkatan Laut TA. 2023, Komandan Kodiklatal meresmikan Gedung Halmahera ”A”, Gedung Singgalang dan Gedung ARU ”A” yang berada di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *