Media Jabar.Net.LEMBANG, – Sektor 22 dalam menjalankan program Citarum Harum tidak hanya terfokus pada pencegahan saja, namun berbagai hal di lakukan yang akan menunjang pada kebersihan lingkukangan dari mulai pembibitan tanaman, pembuatan pupuk, mesin penghancur sampah ( Incenerator ) Ipal Komunal, serta yang lebih penting adalah mengajak masyarakat untuk lebih menyadari pentingnya kebersihan lingkungan .

Dalam upaya tersebut Komandan Sektor 22 Citarum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, mengajak berbagai pihak baik pemerintah, Swasta, para pemerhati lingkungan.Aktipis serta masyarakat.seperti saat Dansektor 22 meninjau Ipal Komunal di Gegerkalong Sabtu ( 13/4)

Hadir pada kesempatan itu, Katiah (Ketua LPPM UPI), Hj. Ayi (Kades Kayu Ambon), Kasi Ekbang Kec. Sukasari, H. Iwan Duren dan beberapa tokoh, Taufik Akbar (ITB).

Saat meninjau ipal yang sudah selesai di bangun di wilayah Gegerkalong Subsektor 07 – 22 ( Peltu Bayu ) Kunjungan Dansektor 22 ke lokasi  didampingi olek kasiekbang kecamatan sukasari Ibu Hurry,kasiekbang Kelurahan gegerkalong Tana,KSM CURR MAKMUR.Iwan Duren.

Menurut Dansektor 22 ,” Upaya kami dalam menyelamatkan sungai dan lingkungan terus di lakukan bersosialisasi dengan para pihak utamanya pemerintah, sehingga menghasilkan beberapa pembengunan, diantaranya TPS3R dan Incenerator yaitu tempat pengolahan pembakaran sampah, yang mana hasil pembakaran tersebut bisa mengurangi volusi maupun pencemaran lingkungan utamanya sungai” Tegas Dansektor 22 Citarum.

 

“Di Kota Bandung, kami sudah membuat sebanyak 36 Septick Tank Komunal, yang bisa menyiasati pembuangan tinja masyarakat yang belum memiliki jamban sehat, sehingga pencemaran ekoli ke sungai bisa dihentikan, bahkan masyarakatpun bisa menikmati kenyamanan utamanya bidang kesehatan lingkungan” Imbuhnya.

Kunjungan ke Kota Lembang, Dansektor 22 (Kol. Inf. A. Rahman Taufik) melakukan tinjauan pembuatan Incenerator (Olah Pembakaran Sampah) di Desa Gudang Kahuripan dan Desa Kayu Ambon yang di bantu para ahli dari  ITB dan UPI. Dengan kapasitas produksi 1 Ton / Jam.mampu membakar sampah kering dan sampah basah sekitar 600kg/jam. (Asep.M/JPCH)

Check Also

Alat Berat Terus Bergerak Normalisasi Sungai Cipamokolan

Media Jabar Net.Bandung – Tahun 2021 sebanyak 2 unit alat berat diterjunkan ke wilay…