Media Jabar.Net.Bandung.-  PT.Grantek jalan Raya Ujung Beurung yang ramai viral buang limbah pabrik tanpa di olah melalui Ipal nya, siang tadi mengadakan jumpa pers dengan awak media TV dan Online Rabu (22/5)  bersama Dansektor 22 Kolonel Asep Taupik Rahman , Agus perwakilan Pabrik,Dedi Darmawan (Sekdis LHK) dan PT Ikawa selaku konsultan limbah.

agus menjelaskan ,’ Terkait  viral limbah yang di buang ke sungai cikiley itu katena adanya kerusakan pompa sehingga pengolahan nya belum sempuna betul, dan sudah kami perbaiki, terpaksa pabrik kami bethenti kan dulu produksi selama 5 hari Untuk memperbaiki pompa nya ,” Ujar Agus.

Dengan berhenti nya pabrik PT Grantek mengalami kerugian cukup besar, namun itu sebuah resiko kami , karena kami juga tidak mau merugikan masyarakat dan mencemari lingkungan, kami sudah berkomitmen untuk mendukung program citarum harum ,’ Pungkasnya.

Semetara itu Dansektor 22 Kolonel Asep Taufik Rahman menjelaskan ,”  saya berharap para pengusaha pabrik di di wilayah Dansektor 22 agar meningkatkan kwalitas pengolahan limbah nya ( IPAL),

karena kami tidak akan segan untuk menindak tdengan tegas kepada para pengusaha pabrik nakal yang nyata- nyata membuang limbah tanpa diolah Ipal secara langsung ke sungai ,” Tegasnya.

PT Ikawa sebagai konsultan PT Grantek dalam pengolahan Ipal mengakui ada nya kerusakan di bagian pompa , yang kini sudah di perbaiki dan air limbah kembali normal putih tanpa warna. Dan PT Ikawa berjanji kedepan akan lebih baik lagi. (Asep.M).

Check Also

Alat Berat Terus Bergerak Normalisasi Sungai Cipamokolan

Media Jabar Net.Bandung – Tahun 2021 sebanyak 2 unit alat berat diterjunkan ke wilay…