Daya Dukung Kesekretariatan Bawaslu Sangat Menunjang Dalam Fungsi Pengawasan Pemilu 2019

Media-jabar.net Selasa 16/04/2019 Jawa Barat – Garut — Patut diapresiasi peranan Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Garut di sepanjang perjalanan penyelenggaraan Pilkada 2018 maupun Pemilu Legislatip dan Pilres 2019.

Kesekretariatan Bawaslu berhasil dan sukses memberikan layanan secara prima san optimal sebagai daya dukung yang sangat luarbiasa terhadap berjalannya tugas pokok devisi komusioner Bawaslu Kabupaten Garut dalam melakukan langkah pengawasan pada Pemilu 2019.

Kepala Sekertariat Bawaslu Nurdiaman kepada awak media-jabar.net menceritakan perihal panjang lebar terkait tugas dan fungsi kesekretariatan dalam mensukseskan tugas pokok Bawaslu Kabupaten Garut, selasa 16 April 2019.

Dikatakan Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Garut Nurdiaman, “sejak awal sebenarnya saya sebagai Kepala Kesekretariatan Bawaslu punya tangungjawab, apalagi sekarang di Pemilu ini menurut undang undang nomor 7 tahun 2017, yang turunannya peraturan Sekjen Bawaslu RI nomor 1 Tahun 2017 bahwa tugas pokok fungsi kesekretariatan itu adalah memberikan dukungan secara administratif dukungan operasional untuk fungsi-fungsi pengawasan yang dilaksanakan oleh semua devisi di Bawaslu,” ungkap Nurdiaman di kantornya Kawasan Jl. Pramuka Garut Kota.

Nurdiaman Kapala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Garut, 16/04/2019. (foto: Wahyudin.Mj)

Dalam suasana penuh keakraban, Nurdiaman melanjutkan ceritanya, “tentu dalam hal ini yang merancang kegiatan apalagi saya sebagai pejabat yang membuat komitmen sebetulnya cukup tinggi sehingga memang tidak bisa dipisahkan antara fungsi pengawasan dengan fungsi kesekretariatan. Artinya disini kami berupaya untuk memberikan pelayanan prima menjaga stabilitas, kekompakan soliditas sehingga seluruh staf yang ada di Bawaslu hari ini jumlah staf sebanyak 24 orang memeliki daya dukung yang tinggi terhadap fungsi -fungsi pengawasan,” terangnya.

Diakuinya, “cukup berat kita memiliki 42 Kecamatan, kemudian memiliki 42 Panwascam, yang isi satu panwascam itu 11 Personil, ditambah lagi pengawas Desa sebanyak 422 orang, apalagi sekarang ditambah lagi Pengawas TPS yang jumlahnya sebanyak 8056 (delapan ribu lima puluh enam) orang, belum lagi di tambah pelatihan saksi sejumlah 1458000 (satu juta empat ratus lima puluh delapan ribu) saksi dukungan kesekretariatan itu, tidak bisa di anggap enteng,” ujarnya.

“Selama ini publik kan tidak tahu sepak terjang kesekretariatan dalam mendukung pemilu ini, kami secara kesekretariatan di lindungi jangan melibatkan diri berpikir tentang angka, biarkan kami berjalan sesuai aturan, bahwa di Kabupaten Garut Kami sudah solid berada di belakang Bawaslu,” ucap Nurdiaman.

“Keberhasilan kesekretariatan dalam mengelola administrasi dari mulai laporan, sosialisasi dan kegiatan-kegiatan lainnya Intinya kami bisa menjaga nama baik Kabupaten Garut dalam hal ini saya sebagai kepala sekertariatan punya tanggung jawab moral sebagai ASN yang tidak boleh merusak nama baik Pemda Garut,” pungkasnya.**wahyudin

Check Also

Aksi Satgas Citarum Sektor 22 Lakukan Penyemprotan Eco Enzyme Bersihkan Udara Di Kota Bandung

Media Jabar .Net.Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 22 melakukan penyemprotan…