Danramil 1123/Cisewu Himbau Warga Waspada Longsor di Jalan Provinsi Rancabuaya – Pangalengan, Kendaraan Bisa Lewat Dengan Sistem Buka Tutup

Media-jabar.net Selasa 16/04/2019 Jawa Barat – Garut — Alat berat dari PU Provinsi Jawa Barat membersihkan material longsor sehingga pada pukul 08.50 Wib kendaraan roda 4 dan roda 2 bisa lewat dengan sistim buka tutup, pada Selasa tanggal 16 April 2019.

Senin 15 April 2019 kurang lebih pukul 14.00 Wib terjadi hujan deras di sepanjang Gunung Nyarengseng Kecamatan Cisewu, sehingga terjadi longsor dan pohon tumbang di Jalan Provinsi Pangalengan – Rancabuaya tepatnya di Kampung Cimuning Cigembong Rt.04 Rw.04 Desa Giri Mukti Kec.Cisewu Kab.Garut, panjang longsor mencapai kurang lebih 29 M2 dan tinggi 3 M2.

Muspika Kec.Cisewu berkoordinasi dengan pihak PU Propinsi yang bertugas di wilayah jalan jalur Propinsi – Rancabuaya untuk mendatangkan alat berat. Dari pihak PU menyampaikan bahwa alat berat sudah stanby, sopir Beko baru sampai Bungbulang dalam perjalanan ke Cisewu dari Garut.

Hujan pada Senin 15 April tersebut menyebabkan 7 longsor antara lain
di Cikawung, Gunung Batu, Ciawi Tali, Cimuning Cigembong, Pasir Garu, Pasir Ajing dan jembatan putus ( di Sungai Cijegang ) jalan Desa Giri Mukti sehingga jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 4 dan roda 2.Ke 7 titik longsor tersebut semuanya di Wilayah Kec.Cisewu.

Dari akibat kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan korban materil jembatan putus (Sungai Cijegang) jalan Desa Giri Mukt Kec.Cisewu.

Danramil 1123/Cisewu Kapten Arm Hariyanto menyampaikan, “kepada warga masyarakat sekitar terjadinya bencana longsor agar berhati-hati, karenana apabila musim hujan tiba atau hujan di atas 2 jam, maka akan terjadi banjir sehingga terjadi longsor. Geografi wilayah pegunungan dan perbukitan di wilayah Kec.Cisewu dan Wilayah Kec.Talegong, merupakan daerah rawan bencana longsor di Kab.Garut.Demikian kepada pengendara roda empat dan roda dua yang akan melintasi jalur provinsi Pengalengan Rancabuaya agar benar – benar hati-hati karena ke 6 titik longsor tersebut terjadi di sepanjang jalan Provinsi Pengalengan -Rancabuaya.
Tidak menutup kemungkinan apabila hujan kembali maka tidak menutup kemungkinan bisa terjadi longsor susulan,” tandasnya. **wahyudin

Editor & Penerbit: Den.Mj

Check Also

Aksi Satgas Citarum Sektor 22 Lakukan Penyemprotan Eco Enzyme Bersihkan Udara Di Kota Bandung

Media Jabar .Net.Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 22 melakukan penyemprotan…