Mengusung Tema Persaudaraan, Mahasiswa asal Lampung di Bandung Sukses Selenggarakan MUBES

 

Media Jabar.Net.KBB – Forum Pelajar dan Mahasiswa Lampung (FORPEMAL) Se- Bandung Raya menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kemuakhian dan Musyawarah Besar bertempat di Villa Galuh, Kabupaten Bandung Barat pada hari Sabtu sampai dengan Minggu, 30 November- 1 Desember 2019 kemarin.

Pelatihan ini mengusung tema “Revitalisasi Peran Pelajar dan Mahasiswa Asal Lampung di Bandung Guna Menjaga dan Memperkenalkan Budaya Lampung Skala Nasional dan Internasional”. Sesuai dengan judul acara yakni pelatihan kemuakhian (Lampung: persaudaraan) maksud dari acara ini ialah untuk menghimpun seluruh pelajar dan mahasiswa di Bandung dan sekitarnya, yakni Kota Cimahi, Sumedang dan yang lainnya agar dapat bertemu sapa dan membangun tali silaturahmi.

Lebih daripada itu, pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan kedekatan emosional serta visi bersama untuk dapat berkolaborasi mengukir prestasi. Merupakan suatu bentuk kecintaan terhadap tanah air yakni menjaga dan mengharumkan nama bangsa.

Hal tersebut dimulai dari ruang lingkup yang kecil, berupaya menjaga warisan budaya yang merupakan titipan peradaban terdahulu, serta menjaga kearifan lokal.
Berkenaan dengan hal tersebut, Agus Liwaya (20) sebagai panitia pelaksana kegiatan tersebut menyebutkan bahwa “maksud dari pelatihan ini yakni membangun kecintaan terhadap warisan lokal serta tanah kelahiran.

Bentuk kegiatan yang kami laksanakan yakni ramah tamah, terdapat juga ice breaking disela-sela kegiatan pemberian materi kepada peserta”. Beberapa materi disampaikan dan menjadi rangkaian kegiatan pada pelatihan tersebut.

Tidak luput juga materi Adat dan Kebudayaan Lampung, jelas Agus.
Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib sampai dengan selesai dan ditutup pada hari Minggu, 1 Desember 2019 sore. Mengusung tajuk acara persaudaraan, kegiatan tersebut menghadirkan beberapa tokoh asal Lampung di Kota Bandung untuk dapat memberikan motivasi dalam menimba ilmu di perantauan.

Acara tersebut menghimpun mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Kota Bandung. Adi Hidayatulloh selaku Ketua Umum FORPEMAL menegaskan bahwa “pelajar dan mahasiswa di Bandung yang berasal dari Provinsi Lampung dalam jumlah yang banyak, tidak kurang dari 1000 mahasiswa asal Lampung mengenyam ilmu dan tersebar di berbagai kampus yang ada di Bandung” ungkapnya.

peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari unit-unit (kampus) yang tergabung di FORPEMAL.
Pelajar dan mahasiswa merupakan kaum terdidik yang diharapkan menjadi generasi penerus pembangunan daerah. Potensi yang dimiliki oleh pelajar dan mahasiswa saat ini tentu dapat dimaksimalkan dengan adanya kerjasama dan kolaborasi. Menghilangkan seluruh narasi ego yang ada seperti halnya perbedaan kampus, perbedaan suku serta perbedaan agama.

“Sejak tahun 2016, FORPEMAL merupakan wadah bersama pelajar dan mahasiswa asal Lampung di Bandung untuk dapat memperkenalkan budaya Lampung dan mengharumkan nama daerah” tambah Adi Hidayatulloh.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya turut hadir Abang Taspen Efendi selaku Ketua Umum Lampung Sebuai yang juga menjabat Kepala Biadang Trantib Satpol PP Kota Bandung.

Penulis: ILHAM SETIAWAN
Mahasiswa Teknik Tekstil 2018
Anggota Lembaga Pers Mahasiswa VISKOSA
PTKP HMI Komisariat STT Tekstil 2019-2020

 

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.