Mahasiswa KKN UPI Kelurahan Andir Sektor 7 Lakukan Kegiatan Re-Edukasi di SD untuk Atasi Permasalahan Kesehatan

Media Jabar.Net.Kab.Bandung – Kamis (09/01/2020), Mahasiswa KKN UPI Citarum Harum Sektor 7 Kelurahan Andir melaksanakan kegiatan re-edukasi kepada murid-murid yang berada di SDN Jati 01 Parunghalang Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Kegiatan re-edukasi tersebut memiliki tujuan mengedukasi kembali murid-murid mengenai banjir dan juga masalah kesehatan yang sering terjadi di wilayah tersebut.

“Kelurahan Andir merupakan salah satu daerah yang sering mengalami banjir serta sulit ditanggulangi dan dicegah dalam waktu dekat, sehingga masyarakat di sini khususnya murid sekolah memerlukan informasi mengenai banjir itu sendiri. Maka kami Mahasiswa KKN UPI memberikan edukasi kepada murid sekolah tentang banjir dan juga informasi terkait lainnya.” Ujar Ariawan selaku Ketua Kelompok KKN UPI Kelurahan Andir Sektor 7.
Rangkaian kegiatan re-edukasi diawali dengan memutar video edukatif anak-anak mengenai banjir.

Setelah menampilkan video, murid-murid di kelas ditunjuk untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan kembali inti dari video yang sudah diputar tersebut. Tidak hanya pematerian, diadakan juga games untuk meningkatkan gairah murid-murid di kelas agar dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pematerian menggunakan powerpoint tentang apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika terjadi banjir. Selain itu, murid-murid dijelaskan mengenai jenis-jenis sampah dan juga permasalahan kesehatan yang sering terjadi ketika banjir melanda wilayah tersebut. Acara kemudian ditutup dengan pembagian snack kepada murid-murid di kelas.

“Tadi kita belajar tentang banjir dan permasalahan kesehatan, rasanya senang bisa ada kakak-kakak dari UPI datang ke sini.” Ujar Firman, murid kelas 5 SDN Jati 01 Parunghalang dalam wawancaranya.

Kelompok KKN UPI Kelurahan Andir melalui kegiatan re-edukasi ini berharap murid-murid sekolah dapat meningkatkan kesadaran mengenai banjir dan masalah kesehatan yang kerap terjadi wilayah tempat tinggal mereka.

Mahasiswa KKN UPI

Nanda.

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.