Mahasiswa KKN UPI Desa Rancamanyar Sektor 7 Lakukan Sosialisasi Aplikasi Giziku

Media Jabar.Net.Kab.Bandung – Sabtu  (04 /1/2020,)  Mahasiswa KKN UPI Sektor 7 Citarum Harum Desa Rancamanyar melakukan Sosialisasi Aplikasi Giziku KKN UPI kepada warga Desa Rancamanyar RW 09 khususnya ibu-ibu yang mempunyai anak dan balita. Kegiatan ini dilaksanakan di posyandu RW 09 Desa Rancamanyar.

Aplikasi Giziku KKN UPI sendiri adalah program aplikasi yang menyediakan informasi tentang gizi, dibuat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia.
Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan Stunting pada anak.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Menurut UNICEF, stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 – 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO (Sardjito, 2019).

Rangkaian kegiatan sosialisasi diawali dengan demonstrasi cara penggunaan aplikasi oleh mahasiswa KKN UPI kepada peserta, setelah sebelumnya mengunduh aplikasi Giziku KKN UPI melalui gawainya masing-masing. Melalui aplikasi ini, para ibu dapat mengetahui kondisi gizi anaknya, dan mengetahui asupan gizi apa saja yang dibutuhkan oleh anak mereka.

Acara dilanjutkan dengan pematerian tentang gizi oleh ibu Winarsih, AMG selaku ahli gizi dari Puskesmas Desa Rancamanyar. “Kebutuhan gizi bagi anak sebagai upaya pencegahan stunting anak harus dicukupi sejak dalam kandungan. Perhatikan asupan Air Susu Ibu diberikan selama dua jam sekali” ujar beliau dalam pemateriannya.

Selain itu, Ibu Adah selaku Ketua Posyandu RW 09 Desa Rancamanyar dalam wawancaranya menyampaikan bahwa sosialisasi kali ini sangat bagus sekali dan menambah wawasan bagi para ibu, dan semoga kader yang terlibat dalam sosialisasi aplikasi Giziku KKN UPI ini dapat melanjutkan dan berinovasi lagi dalam mensosialisasikan program aplikasinya.

Dalam sambutannya selaku Asep Ketua kelompok KKN Desa Rancamanyar, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para warga yang terlibat, kader posyandu, dan pemateri yang sudah bersedia membantu melancarkan acara Sosialisasi Aplikasi Giziku KKN UPI di Posyandu Desa Rancamanyar RW 09 ini.

Acara diakhiri dengan pemberian snack sehat kepada balita yang sudah mengikuti rangkaian kegiatan kali ini.

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.