LPM Kacapiring Lakukan Pelatihan Dukung Kota Bandung Zero Waste City

Media Jabar.Net.Bandung – Dalam rangka menciptakan Kota Bandung sebagai Zero Waste City, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kacapiring menggelar pelatihan Kang Pisman di Aula Kelurahan Kacapiring Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

Kang Pisman singkatan dari Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan merupakan program unggulan walikota Bandung mengenai cara mengurangi, mengelola, dan memanfaatkan sampah skala kecil, diri sendiri, rumah, keluarga dan lingkungan menjadi bernilai ekonomi.

Dadan Rohimat selaku Ketua LPM menyampaikan, dengan diadakannya kegiatan pelatihan Kang pisman, diharapkan bisa mengubah prilaku budaya masyarakat menjadi lebih baik yaitu gaya hidup yang tidak memproduksi banyak sampah.

“Kegiatan ini untuk merubah prilaku serta kebiasaan masyarakat dalam menangani masalah sampah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan Kota Bandung sebagai Zero Waste City sesuai harapan Walikota Bandung”. Katanya.

Untuk itu, Dadan menjelaskan, Pemkot Bandung melalui Kelurahan Kacapiring melengkapi sarana prasarana seperti, tempat sampah, roda sampah, motor sampah, mesin pencacah plastik dan petugas di setiap Rw.

“Program tersebut, dibiayai oleh anggaran kewilayahan seperti program PIPPK serta Dana Alokasi Umum (DAU)”. Jelas Dadan.

Dadan berharap, dengan adanya pelatihan ini, semua elemen dan komponen masyarakat menjadi garda terdepan sebagai pelaku yang berkaitan langsung dengan program kang pisman.

“Kedepan semua elemen ini punya misi dan tujuan yang sama guna merubah prilaku yang berkaitan dengan sampah yang awalnya wabah dan menjijikan menjadi nilai ekonomis. Sehingga muncul bank sampah di setiap Rw”. Pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPC LPM kec.Batununggal Ir Endang wahyudin, Sekretaris kelurahan kacapiring Maman Suherman, Ketua LPM Kacapiring Dadan Rohimat, Unsur Rw, Unsur PKK, Karang Taruna, Gober dan oetugas Kang Pisman. ( Ule)

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.