Dansub 14 Sektor 22 Loseda Mengubah Sampah Jadi Pupuk Organik

Media Jabar.Net.Bandung – Dalam rangka mendukung Program Citarum dan Kang Pisman, Sub 14 Sektor 22 Satgas Citarum harum bersama DLHK kota bandung mengadakan pelatihan “Loseda” Kepada Tim Penggerak PKK bertempat di Aula Kelurahan Wates Kec. Bandung Kidul Kota bandung. Rabu (12/2/2020).

Dansub 14 Sektor 22 Satgas Citarum Harum Serma Ujang Supriatna mengatakan, bahwa Lodong Sampah Sesa Dapur (Loseda) Tidak hanya mengatasi sampah tapi alat tersebut berhasil memproduksi pupuk organik yang murah dan ramah lingkungan.

“kami bersama DLHK kota bandung (Rizal) memberikan Sosialisasi dan pelatihan kepada Tim Penggerak PKK Se – Kelurahan Wates”. Katanya.

Metode Loseda ini, Menurutnya, dapat mengurangi sampah rumah tangga, terlebih lagi masyarakat tidak membuang sampahnya sembarangan maupun ke sungai.

“Kalau masyarakatnya mau dan mempunyai keinginan, tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah maka wilayahnya akan menjadikan lingkungan yang bebas sampah”. Kata Serma Ujang.

Setelah pelatihan, Seluruh Tim penggerak PKK langsung mempraktekan di lingkungan Kelurahan yang dipimpin langsung Lurah Wates. Mulai dari tata cara pemasangan hingga memasukan sampah organik kedalam loseda.

Sementara itu, Lurah Wates Beti Setiamah, S.P., M.M. mengatakan, bahwa dengan Loseda ini sangat terbantu, karena bisa mengurai permasalahan pengolahan Sampah Organik dan Anorganik yang tercampur dan mengakibatkan bau tidak sedap.

“Dengan adanya Loseda ini, Kami Yakin Permasalahan Sampah di Kelurahan Wates bisa teratasi terutama sampah organiknya”. Kata Lurah Wates.

Ia berharap, semoga dengan loseda ini pola pikir dan pola hidup masyarakat dapat terbuka, karena dengan Loseda lingkungan bersih, sehat dan nyaman serta bebas dari sampah.

“Alat ini sangat Efektif dan mudah serta terjangkau. Oleh karena itu, alat ini selain memilah sampah dapur dapat juga menghasilkan Kompos yang sangat bermanfaat”. Katanya.

Beti Berharap, dikelurahan wates dengan adanya alat ini menjadikan Kawasan yang Bebas Sampah.

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.