Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P Kontrol Kolam Retensi

Media Jabar.Net. Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., meninjau pembangunan kolam retensi di wilayah Rw 06 Kelurahan Mekarmulya Kecamtan Panyileukan Kota Bandung, Rabu (18/11/2020).

Fungsi dari kolam retensi adalah untuk menggantikan peran lahan resapan yang dijadikan lahan tertutup atau perumahan maupun perkantoran, maka fungsi resapan dapat digantikan dengan kolam retensi.

Menurut Dansektor 22, Fungsi kolam ini adalah menampung air hujan langsung dan aliran dari sistem untuk diresapkan ke dalam tanah.

Pada kunjungannya, Kol. Inf. Eppy Gustiawan bertemu dengan Kepala Pasar Gedebage, Kepala SDA dan staf PU.

Ia menekankan kepada pihak terkait agar keberadaan kolam retensi nanti berfungsi dengan baik, “Maka pengelolaan sampah yang berasal dari Pasar Induk Gedebage juga harus ditertibkan sedemikian rupa, sehingga tidak ada lagi penumpukan sampah di depan kios pasar buah,” tegasnya.

Lebih jelas lagi Dansektor 22 ini menegaskan, ” saat hujan turun, sampah sampah buah tidak terbawa arus air bisa masuk ke dalam kolam retensi,” jelasnya.

Kunjungan Dansektor 22 Citarum harum ini merupakan keseriusan suksesi Program Citarum Harum, bahwa segala upaya pembangunan di daerah harus mengefek kepada pembersihan sungai.

Karena bila diabaikan tanpa ada study kelayakan berbasis kebersihan sungai dan kepedulian pembangunan lingkungan yang lebih baik, maka akan berdampak merugikan masyarakat.( Asep/Jpch).

Bagikan Berita

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.