Cara Baru Pelaksanaan KKN UPI Di Tengah Pandemik Covid-19

Media Jabar.Net.Bandung –
Pandemik Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona sudah masuk ke Indonesia kurang lebih tiga bulan. Sejak saat itu pemerintah mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan isolasi di rumah untuk membantu mengurangi penyebaran virus Corona. Oleh karena itu, segala aktivitas terganggu dan dihentikan untuk sementara.

Hal tersebut berdampak juga pada kegiatan pembelajaran bagi para pelajar di berbagai jenjang pendidikan mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sehubungan dengan adanya pandemik Covid-19 ini, Universitas Pendidikan Indonesia khususnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengusung cara baru untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan dilakukan melalui daring (online) dan bertempat di lingkungan tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Kegiatan ini dinamai KKN Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar.

Maka dari itu, Saya Salma Rheina Yuniar selaku penulis juga salah satu mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia, Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi yang dibimbing oleh Dr. Yayat, M.Pd. turut berkontribusi dalam kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB ini. Kegiatan KKN ini telah saya lakukan selama 120 jam mulai tanggal 17 Mei hingga 12 Juni 2020 yang bertempat di Gg. Ciburuy RT 06 RW 06 Kel. Ciseureuh Kec. Regol Kota Bandung.

Dalam pelaksanaannya saya menjalankan dua program yaitu program wajib berupa kegiatan pendataan masyarakat dan program pilihan berupa kegiatan pemberian edukasi kepada masyarakat melalui media sosial dan kegiatan pembuatan alat pelindung diri berupa masker dan hand sanitizer yang akan didistribusikan kepada masyarakat setempat.

Pada kegiatan pendataan masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk membatu pihak setempat khususnya tingkat RT untuk mengetahui pembaruan kondisi penduduk ditengah pandemic Covid-19. Pendataan yang dilakukan berdasarkan struktur usia, tingkat pendidikan, pekerjaan masyarakat, data masyarakat yang keluar dan masuk lingkungan sekitar, kondisi masyarakat ditengah pandemik Covid-19 baik yang menunjukkan gejala/positif/meninggal akibat Covid-19, serta kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak pandemik Covid-19. Sedangkan yand diberikan kepada masyarakat dalam KKN Tematik Pencegahan Covid-19 ini dilakukan melalui kegiatan pemberian edukasi melalui media sosial mengenai bahaya dan pencegahan virus Corona, juga terdapat tips ditengah pandemik Covid-19. Dan kegiatan terakhir yaitu pembuatan APD produk yang dihasilkan diberikan kepada masyarakat setempat.

APD yang dihasilkan selama program KKN Tematik Pencegahan Covid-19 berupa masker dan hand sanitizer.

Dengan berakhirnya kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 di Gg. Ciburuy Rt.06/06 Kel. Ciseureuh Kec. Regol Kota Bandung, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan berharap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar.

Oleh Salma Rheina Yuniar

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.