ANALISIS DADAKAN TERKAIT DIPERIKSANYA BUPATI AA UMBARA

Media Jabar.Net.Bandung – Sejak terendusnya masalah dana covid-19 KBB dan diperiksanya Aa Umbara beserta seluruh satgas, pihak ketiga oleh KPK bermunculanlah analisis dadakan yang memosisikan diri sebagai warga, politisi, pengamat, aktifis, dsb.

Dari pengamatan penulis, umumnya mereka hanya menganalisis kasus yang tengah disidik KPK dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya. Bahkan banyak prediksi yang sudah mendahului proses penyelidikan KPK. Ada yang menyimpulkan, bahwa bupati akan lolos dengan mengorbankan anak buahnya, bupati kali ini tidak bisa lolos, ada juga yang menyimpulkan bahwa hal itu perbuatan lawan politik, dsb.
Karena bupati adalah jabatan politis, wajarlah opini tsb menyeruak lebih menonjol. Tetapi berdasarkan pengamatan penulis, wakil bupati, Hengki Kurniawan, tidak sekalipun bergerak ke arah sana. Dia lebih fokus dengan kegiatannya yang memang menjadi tugasnya. Juga pada masa kampanye pilkada di Jawa Barat, kabarnya dia sibuk menjadi Juru Kampanye PDI-Perjuangan.

Substansi masalah diperiksanya Aa Umbara, sampai tulisan ini dibuat, tidak seorangpun, di luar penyidik KPK, belum diketahui. Apakah masalah dana bansos covid-19, tkk, pembebasan lahan atau proyek yang dikuasai keluarganya? Sebaiknya kita nantikan saja akhir dari diperiksanya Aa Umbara. Siapa yang menanam, dialah yang menuai. Kata sahabat penulis, H. Agus Ishak: “Jika orang tidak menodai kehormatan dirinya dengan akhlaq buruk, maka segala pakaian yang dikenakannya itu menjadi indah.

Oleh: Jachja TD

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.