Media Jabar.Net.Bandung – sungguh sangat ironis Sungai Citarum yang merupakan sumber kehidupan bagi 3,5/juta orang ,dan merupakan kebagaan warga jawa barat ini, mendapat julukan sungai terkotor sedunia oleh Word Bank .

Seperti bak sampah terpanjang di sungai citarum berbagai kotoran selain sampah juga limbah pabrik, kotoran hewan ,limbah domestik Dsb.masuk ke sungai citarum, sehingga ditemukan zat-zat berbahaya antara lain Merkuri, e- coli, pseudomonas aeroginosa, logam berat Dll.

Untuk penyelamatan sungai citarum Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres no.15 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai citarum.

Dansektor 22 yang di pimpin Kolonel Inf.Asep Rahman Taufik terus melakukan giat mulai dari pembersihan,pencegahan,hingga pemanpaatan limbah.seperti hari ini Kamis ( 19/6) dilakukan sosialisasi terhadap siswa.siswi SMPN 55 beserta maayarakat di Cigondewa Hilir.kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung.

kolonel Asep dalam sambutannya mengatakan,” ada 7 permasalan di sektor 22 yang perlu di tangani seperti : 1. Prilaku Manusia yang kurang kepeduliannya teehadap lingkungan. 2. Lahan kritis yang sudah rusak oleh ulahnha manusia sehingga sehingga menyebabkan bencana banjir. 3. Limbah kotoran Hewan yang menyebabkan penurunan kwalitas air dan tumbuh bakteri e- coli.4.sampah yang menjadi peesoalan di sektor 22 kalau tidak di tangani serius akan berdampak rusaknya lingkungan dan menjdi bom waktu. 5. Limbah domestik yang bersumber dari limbah rumah tangga seperti sabun Detergen,miyak.dan kltoran manusia yang terbuang ke sungai.6. Limbah pabrik yang membuang air limbahnya tanpa melalui pengolahan IPAL, 7. Sedimentasi yang bisa mengakibatkan banjir karena pendangkalan sungai.

Acara ini pun di hadiri Camat Bandung Kulon.Kapolsek .Koramil.serta para lurah dan tokoh masyarakat, menurut camat Bandung kulon Asmarahadi menuturkan,” Kami selaku aparat kewilayahan di daerah merasa terbantu dengan adanya sosialisasi Citarum Harum karena masyarakat lebih memahami akan lenting nya kebersihan lingkungan, sekaligus kami sosialisasikan program kota Bandung

Check Also

Demi Sukseskan Program Citarum Bamin Dan Baop Sektor 22 Jalin Silaturahmi Dengan SKPD

Media Jabar.Net.Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah telah terlewati, ASN di jajaran Pemerint…