KKN Mahasiswa UPI Di Sektor 22 Sosialisasi Eco Friendly di SDN 192 Ciburuy

Media Jabar.Net.Bandung – Tim KKN Tematik Citarum Harum UPI Sosialisasikan Eco Friendly dan Kang Pisman kepada Siswa SDN 192 Ciburuy

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung melakukan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan serta program pemerintah Kota Bandung yaitu Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) yang bertempat di SDN 192 Ciburuy Jumat (17 /1/2020).

Dalam upaya menindaklanjuti program Citarum Harum mahasiswa KKN menyampaikan materi mengenai Eco Friendly yaitu tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami kerusakan dan pemanasan global akibat ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai, serta polusi udara akibat pembakaran sampah dan emisi kendaraan.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan salah satunya dengan menerapkan prinsip 4R yaitu reduse (mengurangi), reuse (memakai kembali), recycle (mendaur ulang), dan replace (mengganti).

Sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) mahasiswa KKN mengajak siswa SDN 192 Ciburuy untuk turut andil dalam kegiatan penyelamatan lingkungan.

Dansektor 22 Kolonel Asep Rahman Taufik mengatakan ,” saya sangat berterima kasih atas adanya KKN mahasiwa dari UPI, yang turut andil dalam mensosialisasikan program citarum harum terutama pada siswa Sekolah dasar agar¬† lebih mencintai dan menjaga lingkungan nya secara dini ,” Pungkas nya.

Kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan tentang sampah organik dan non organik, Gerakan Pungut Sampah (GPS) di sekitar sekolah, penyuluhan cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar dan tak lupa di akhir kegiatan mahasiwa KKN UPI memberikan sedotan bambu kepada siswa SDN 192 Ciburuy sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa agar terbiasa hidup sehat dan mencintai lingkungan sekitarnya.

KKN Mahasiswa UPI

Revytanofa Candra Ningrum

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.