Sebanyak 314 KUA Dibangun Menggunakan Dana Haji

Seiring dengan perkembangan Kabupaten/kota dan kecamatan di seluruh tanah air, ada sedikitnya 314 Kantor Urusan Agama (KUA) baru yang dibangun dengan menggunakan dana Haji. Hal ini seperti diterangkan oleh Kepala Biro Perencanaan Kementrian Agama RI, Ali Rahmat.

Menurut Ali, sejalan dengan perkembangan maka KUA harus bertambah, akan tetapi terkendala oleh biaya, “KUA harus bertambah, tapi gak ada biaya untuk bangun, akhirnya kita ajukan ke Kementrian Keuangan, kita diberi proyek berbasis sukuk, dari pinjaman tersebut kita anggarkan tiap KUA sebanyak 900 juta – 1,2 milyar, ada 314 KUA yang dibangun.” terang Ali, Rabu (6/9).

Lebih lanjut Ali mengungkapkan bahwa selain pembangunan KUA, Dana Haji yang ada juga disalurkan untuk pembangunan Madrasah dan juga perguruan tinggi. “Madrasah untuk membangun masyarakat menjadi muslim yang taat, sedangkan perguruan tinggi adalah untuk menghasilkan ulama, kyai, dan pembimbing manasik haji,” ujarnya.

Selain itu dana haji yang ada juga diinvestasikan untuk pembangunan asrama haji. Total ada sekitar 7 asrama haji yang dibangun. “Ada sekita 7 lokasi Asrama Haji berbintang 3 kayak gitu, semua dibangun dengan dana haji anggaran untuk itu ada sekitar 24 Miliyar,” tutup Ali. (Media Jabar/ALF)

Bagikan Berita

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *