Presiden Ketiga BJ Habibie Meninggal Dunia

Media-jabar.net | Nasional – JAKARTA — Presiden ketiga RI, Bacharudin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang di deritanya. Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9), di Jakarta.

Informasi mengenai Habibie meninggal dunia disampaikan Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie. Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. “Jantungnya sudah berhenti beraktivitas yang banyak,” kata Thareq.

Sementara itu, cucu keponakan BJ Habibie, Melanie Subono juga mem-posting soal kepergian BJ Habibie di akun medsosnya. Berikut ini tulisan yang diunggah Melanie Subono: Eyang…Sampai Jumpa di keabadian…senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi…Kita disini iklas eyang bahagia– Selamat Jalan–Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi Pejuang, kalobahasa eyang “Pemberontakan” Love you.

Selama masa perawatan, BJ Habibie ditanganin tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, mantan Presiden ke 3 BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, besok Kamis (12/9). Habibie akan dimakamkan tepat di samping istrinya Hasri Ainun Besari atau dikenal sebagai Ainun Habibie.

“Kami sudah koordinasi dan siapkan tempat di samping almarhumah. Di slot 120-121 (TMP Kalibata). Belum bisa memastikan jadwal pemakaman Habibie besok. Diharapkan malam ini diputuskan dimakamkan jam beraoa,” kata Pratikno.

Presiden Joko Widodo langsung menyambangi RSPAD Gatot Subroto, untuk melayat dan melepas kepergian Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh putra sulungnya yakni Gibran Rakabumi dan ibu negara Iriana Jokowi.

Jokowi menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah, Bapak Profesor BJ Habibie tadi jam 18.05. “Belasungkawa mewakili seluruh rakyat Indonesia, Habibie selama ini dikenal tak cuma sebagai pemimpin tapi juga bapak teknologi Indonesia,” kata Jokowi. (dade)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *