KBRI Beirut Siap Mendukung Pelaksanaan Umroh Personel Konga XXIII-M

KBRI Beirut Siap Mendukung Pelaksanaan Umroh Personel Konga XXIII-M

Media-jabar.net Minggu 20/01/2019 Internasional – Beirut – Lebanon – Nasional —  Kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Umroh bagi personel yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian seakan terbuka lebar, terlebih bagi personel TNI yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian PBB di Lebanon.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis Tentara Nasional Indonesia (Satgas Yonmek TNI) Konga XXIII-M/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon), dimana dari 850 orang personel hampir 700 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti Ibadah Umroh yang rencananya akan dilaksanakan saat cuti dinas, Minggu, 20 Januari 2019.

Selanjutnya untuk mempermudah proses pengaturan pemberangkatannya, Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya memutuskan untuk menerima tawaran dari Kedutaan Besar Republik Indoneaia (KBRI) Beirut yang akan memfasilitasi dalam proses pemberangkatan Umroh atau perjalanan tujuan cuti lainnya.

Staf dari KBRI yang dipimpin oleh Abdurahman datang ke Markas Satgas Yonmek XXIII-M UNP 7-1, Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (19/1/2019) untuk memberikan sosialisasi tentang teknik dan mekanisme ibadah umroh kepada personel Satgas.

“Sosialisasi ini dilaksanakan juga untuk menjamin keterbukaan dalam proses pelaksanaan Umroh dan cuti, seluruhnya dilaksanakan secara transparan sehingga keutuhan moril dan mental prajurit tetap terpelihara dan Solid,” kata Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Abdurahman pihak dari KBRI menjelaskan tentang teknik dan mekanisme ibadah Umroh personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M. Pihak KBRI menawarkan beberapa travel perjalanan untuk memfasilitasi personel Satgas saat melaksanakan ibadah Umroh dan cuti, dengan beberapa alternatif destinasi diantaranya  Lebanon-Umroh-Lebanon, Lebanon-Umroh-Indonesia-Lebanon, Lebanon-Indonesia-Lebanon, Lebanon-negara lain (Eropa) dan cuti di tempat/base camp.

Menurutnya, sehubungan dengan waktu cuti yang berbeda-beda tentunya akan mempengaruhi harga tiket pesawat, maka disarankan sistem subsidi silang sehingga seluruh harga tiket bagi personel tetap sama setiap gelombangnya dan tidak terjadi perselisihan dalam menentukan waktu Umroh ataupun cuti.

“Selama pelaksaan Umroh, akomodasi yang diberikan pada saat di Madinah disiapkan hotel bintang tiga dan empat,” katanya.

Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/Unifil menyampaikan terima kasih kepada Staf KBRI Beirut atas kesiapannya untuk memfasilitasi dan menjamin pelaksanaan Umroh dan cuti seluruh personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wadan Satgas Mayor Inf Abdul Samad beserta Perwira Staf, seluruh Komandan Kompi, serta perwakilan Bintara dan Tamtama dari masing-masing Kompi.

(Pen Konga XXIII-M/Unifil, Kapten Chb Gideon Ashdod/ Den.Mj)

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *