“Bertaraf Internasional” Museum Tanah Sebagai Icon Kota Bogor

“Bertaraf Internasional” Museum Tanah Sebagao Icon Kota Bogor 

Media-jabar.net Rabu 05/12/2018 Nasional – Jawa Barat – Kota Bogor — 
Setelah dilakukannya louching pada 05 Desember 2017 lalu, Museum Tanah yang beralamat di Jln. Ir. H. Djuanda 98 Kota Bogor, saat ini sudah semakin ramai pengunjungnya, mulai dari wisatawan lokal sampai dengan mancanegara.

Kepala sub bagian TI dan Promosi Iptek. DR. Bambang Winarko, Msc selaku
Kordinator museum menyampaikan bahwa, sebagai nilai historis warisan Ilmu Pengetahuan Tekhnologi (IPTEK) dan budaya, karena museum ini memiliki warisan dokumen dari hasil penelitian tanah berupa publikasi ilmiah dan peta-peta tanah sejak jaman pemerintahan hindia Belanda.

“Museum Tanah ini juga memiliki koleksi mikro monolit tanah yang diambil dari seluruh pelosok tanah air.
Selain itu juga koleksi Museum Tanah ini juga merupakan potret perkembangan ilmu alam Nasional yang merupakan rujukan ilmu tanah Internasional terutama untuk tanah-tanah tropika,” terangnya, rabu (05/12).

“Dan untuk memperingati Hari Tanah Sedunia Pustaka Kementrian Pertanian selaku pengelola museum tanah dan bekerja sama dengan konsil pustaka serta balai besar semberdaya lahan pertanian (BBSDLP) menggelar Open House,” sambungnya.

“Membangun Museum bertaraf Internasional, menjadikan sebagai Icont Kota Bogor, sebagai persiapan untuk mengumpulkan artefak dari seluruh pelosok tanah air Indonesia.
Mencari literatur sejarah pertanian kepada semua stackholder terkait,” paparnya.

Museum Tanah dan Pertanian diharapkan dapat menggambarkan kondisi pertanian masa lalu, kebijakan dan program pertanian saat ini sebagai mimpi pembangunan pertanian dimasa depan, “Lingking the Past to the Future”.

(ria/ Den.Mj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *