DONOR DARAH KAUM MILENIAL

Media Jabat.Net.Bandung – Darah merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh manusia , kekurangan darah tentunya dapat menghambat kineeja organ-organ di dalam tubuh.kurangnya ketersediaan darah di rumah sakit, PMI, unit gawat darurat dan institusi/organisasi tentunya memerlukan uluran tangan dari para pendonor darah.

Untuk membantu sesama manusia disaat membutuhkan darah yang sangat darurat seperti kejadian bencana, kecelekaan lalulintas maupun hal medis yang membutuhkan transfusi darah tentu sangat menolong sekali darah yang dari pendonor.

Seperti contoh di kota Bandung pada tahun 2016 permintaan darah hingga mencapai 43.910 kantung darah dan di tahun 2017 meningkat hingga 155.417 kantong darah , peningkatn 7 % dalam kurun waktu 1 tahun .

Sel darah merah ( pocked red cell/PRC) komponen darah yang paling banyak peminat paling tinggi , tahun 2016 tercatat 103.365 kantung darah dan di tahun 2017 meningkat 113.017 kantung darah.

Hal ini sangatlah memprihatin untuk mengetuk hati manusia agar terenyuh untuk sudi membantu  sesama insan untuk mendonorkan darahnya. Pentingnya sosialisasi kepada para pendonor agar pengetahuan tentang manpaat serta keuntungan bagi para pendonor selain untuk kesehatan juga untuk kemanusiaan hal ini yang kurang diketahui oleh maayarakat, hususnya kaum generasi Milenial atau muda- mudi saat ini.

Generasi muda pada prinsipnya merupakan generasi penerus sebagai ujung tombak kepemimpinan bangsa yang amat menentukan di masa yang akan datang.

Menurut data muda – mudi yang mendonasikan darah nya usia 18 – 24 sekitar 32 ribu di tahun 2016 dan di tahun 2017 menurun hanya mencapai 25 ribu. Sementara di usia produktif 25 – 44 tahun sekitar 59 ribu di tahun 2016 juga mengalami penurunan di tahun 2017 yang hanya mencapai 51 ribu orang.

Berangkat dari latar belakang diatas maka kami yang tergabung dalm balad jokowi ma’ruf Bandung raya memandang perlu bahwa balad milenial perlu dirangsang kepekaan serta kesetiakawanan sosialnya untuk kemanusiaan, dalam hal ini Balad JM memfasilitasi gagasan donor darah Milenial yang diadakan di Gedung Indonesia menggugat Jl. Perintis  Bandung Sabtu ( 12/1) yang bertujuan untuk membangun kesadaran diantara kalangan muda , agar mengetahui arti   pentingnya donor darah ,manpaat dan keuntungan secara kesehatan maupun sosial kemanusiaan.

Menurut kordinator penyelenggara Rudi Kurniawan menyampaikan dihadapan para wartawan,” kami memandang perlu mengajak kaum muda atau kaum milenial ini diajak untuk berpartisifasi dalam mendonorkan darahnya, serta sekaligus mengedukasi tentang keuntungan mendonor untuk kesehatan dan kemanusiaan ,” Ucap Rudi.

Lebih lanjut rudi mengucapkan terima kasih kepada para  pendonor yang sudah menyumbangkan darahnya, dan alhamdulilah target yang kami harapkan juga tercapai ,” Pungkasnya. (Asep.M).

 

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *