Dansektor 22 Perlihatkan Hasil Buangan Limbah GAP
Media Jabar.Net.BANDUNG – Sektor 22 Citarum Harum  kembali untuk pengecekan IPAL di PT. GAP ( Gajah Angkasa Perkasa )  di Jalan Sudirman no. 283 Kota Bandung , menindak lanjuti hasil monitoring subsektor 6 ( Pelda Mulyanto ) Jum ‘at (19/10/2018 ).
Ketika rombongan Dansektor 22 memasuki bak penampungan IPAL serta  beberapa wartawan tidak sedikipun tercium bau ini bukti pengolahan Ipal PT.GAP di kelola dengan baik.
Subsektornya yang tiap saat operasi disemua lini yang berhubungan dengan Program Revitalisasi Sungai Citarum.
Tinjau IPAL GAP

“Kami sering operasi lapangan di waktu pagi, siang, sore maupun malam hari, namun di Pabrik GAP ini tidak pernah tercium bau limbah apalagi keruhnya buangan limbah, karena penasaran maka saya masuk ke pabrik untuk memeriksa IPAL, nah ini kan hasil limbahnya bening dan tak berbau, maka saya langsung lapor ke Dansektor 22, bahkan ketika dipinta fasilitasi pembuatan TPS buat 4 RW management pabrik pun menyanggupinya” ucap Pelda Mulyanto.

Bentuk kepedulian PT.GAP terhadap program Citarum Harum dengan memberi bantuan pembuatan TPS.
Yohanes Indra (Manager Enggenering GAP) memaparkan, “Dalam pengolahan IPAL kami lakukan penyaringan dan menggunakan Obat Kimia dan Biologi, memang Chemical yang kami gunakan dengan cara penelitian lab untuk mencari kecocokan dan hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama, maka dari bermacam-macam Chemical hanya satu produk yang kami pakai” Tegas Indra.
“Kalo masalah sosialisasi kepada warga kamipun mengutamakan, kamipun merespon, apa yang diinginkan warga sekitar pabrik seperti kebutuhan air bersih serta sumbangan yang mereka butuhkan kami penuuhi  selagi kami ada ,” Ujarnya.
Seperti sekarang kami sumbang 2 TPS di 2 lokasi Tempat Pembuangan Sampah yang merupakan kebutuhan masyarakat masing – masing berukuran 4 x 5 M2 dan yang satu lagi TPS mampu menampung 2 container sampah” Imbuh Indra.
Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, menyatakan, “Survei Dansubsektor 06 memang betul tidak ada kecurigaan terhadap PT. GAP, kita ketahui bersama bahwa limbah yang dibuangnya ini sudah bening, tidak berbau dan tidak panas, dan baku mutu limbah sudah bagus maka saya apresiasi pabrik GAP ini bisa dijadikan contoh pabrik-pabrik lainnya” Harap Dansektor.
“Mudah-mudahan PT. GAP ini bisa mempertahankan bahkan meningkatkan lagi ke yang lebih baik lagi, kalo semua pabrik yang ada di Jabar seperti PT. GAP maka ecology pun akan sempurna bahkan sungai ini akan bisa jadi Sumber hidup dan kehidupan” Pungkasnya. (Asep.M).

:

Check Also

Alat Berat Terus Bergerak Normalisasi Sungai Cipamokolan

Media Jabar Net.Bandung – Tahun 2021 sebanyak 2 unit alat berat diterjunkan ke wilay…