JPCH deklarasikan My Darling Masyarakat Sadar Lingkungan

 Media Jabar.Net.Bandung – JPCH ( Jurnalis Peduli Citarum Harum ) deklarasikan  My Darling ( Masyarakat Sadar Lingkungan ) Sabtu (12/10/2019)  bertempat di Taman Maluku Jl.Aceh Kota Bandung, ratusan orang dari berbagi Komunitas diantaranya Konfederasi Layanan Independen dan Informasi Ketenagakerjaaan (K-LIDIK), Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH), Jaringan Wartawan Bhayangkara (Jawara).
Kemudian Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jabar dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Bandung, menggelar acara talk show, diskusi dan deklarasi Masyarakat yang Sadar Lingkungan (My Darling).
Dalam kesempatan ini hadir sebagai nara sumber antara lain Ketua Umum K-LIDIK Ngadi Utomo, Ketua Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) Asep Mulyana. Kemudian tampil pula perwakilan dari Kodam III/Siliwangi Mayor Krismanto (Mewakili Aster Kodam Kolonel Ars G Hasto Respatrio), Perwakilan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pemakaman (DPKP3), Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sofyan Hernadi didampingi Hadi Mulyono (Kasie pemeliharaan taman).
Hadir pula sebagai pembicara Nana Suhana dari PD.Kebersihan Kota Bandung dan Serka Apri Agung dari Satgas Citrum Harum Sektor 22. Dalam paparannya salah satu Narasumber Acara My Darling Mayor Krismanto menyebutkan bahwa acara yang digelar oleh JPCH ini sangat bagus karena menyangkut isu global yaitu menyangkut lingkungan.
“TNI dan masyarakat sejak lama bekerjasama dalam menjaga lingkungan, karena bila kita jaga lingkungan nanti lingkungan akan jaga kita. Isu lingkungan adalah global, contoh kejadian  kebakaran hutan di Indonesia yang menjadi perhatian dunia.
Indonesia juga dikenal sebagai penyumbang sampah terbesar, inilah yang menjadi tugas terberat kita untuk membangun karakter building masyarakat agar bisa menahan diri tidak membuang sampah sembarangan. Ambil contoh jika kita tidak bisa menjaga lingkungan maka kedaulatan akan terancam, contoh bila kita tidak bisa atasi sampah dan kebakaran hutan negara luar bisa saja intervensi”, ungkapnya.
Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sofyan Hernadi menyebutkan deklarasi menyangkut lingkungan oleh Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) ini keren banget, “dan tugas berat kita adalah mengajak masyarakat lain yang tidak hadir disini, dalam hal ini media harus bisa membangkitkan kesadaran masyarakat melalui tulisan agar peduli dengan kelestarian lingkungan.
Khusus problematika soal sampah solusinya di Kota Bandung sudah bergulir Program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah, program ini sangat efektif karena membentuk budaya dan perilaku kita dalam penanganan sampah”, jelas Sofyan dalam paparannya.
(Asep.M/Jpch).
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *