Di Balik Gonjang Ganjing Jual Beli Jabatan, Terbongkar Oknum ASN KBB Buat SK Bodong

Oleh: Jachja TD (Kepala Biro Investigasi dan Klarifikasi GNPK-RI Wil. Jawa Barat).

Media Jabar.Net.Kab.Bandung Barat – Di tengah tengah semaraknya isu jual-beli jabatan rotasi/mutasi di Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat belakangan ini, penulis dan anggota tim investigasi GNPK-RI sejak tiga bulan yang lalu berhasil membongkar praktek pembuatan *SK KENAIKAN PANGKAT* bodong yang dilakukan oleh beberapa birokrat.

Praktek ini sudah dilakukan sejak tahun 2015, masa pemerintahan Abubakar. Praktek pembuatan Sk Kenaikan Pangkat tersebut identik dengan *SK CPNS* bodong yang memakan ratusan korban beberapa waktu lalu.

Terbongkarnya SK kenaikan pangkat ini berawal dari rencana Bupati Aa Umbara Sutisna akan melakukan rotasi/mutasi beberapa bulan yang lalu, tetapi pada saat para korban akan mengurus persyaratannya, ternyata SK kenaikan pangkatnya ditolak BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Setelah mengetahui bahwa korban telah tertipu, sayangnya, mereka tidak mau melapor ke pejabat yang berwenang atau inspektorat.

Melihat kondisi tersebut,  Tim Investigasi GNPK-RI Wilayah Jawa Barat langsung menelusuri para pelakunya dan tiga hari yang lalu memberikan saran kepada Bupati Aa Umbara agar mengambil tindakan yang tegas baik kepada korban maupun oknum pejabat yang melakukannya.

Tidaklah salah penilaian kami bahwa Bupati Aa Umbara betul2 ingin membangun KBB sesuai visi-misi “AKUR”nya dengan memulai dari pembersihan oknum2 pejabat yang terindikasi melanggar peraturan undang2 yang berlaku.

Meskipun ia mengakui masih ada pihak yang meragukan niat baiknya dengan mengumbar/menebar isu negatif. “Saya doakan mereka agar tidak menebar isu negatif, seperti jual-beli jabatan. Tanyakan kepada pejabat2 yang tadi dilantik,” ujarnya. “Saya memimpin KBB dalam keadaan sakit parah. Dan sudah menjadi kewajiban saya untuk bersikap sangat teliti dalam menempatkan seorang pejabat.

Tidak seperti sebelumnya, banyak pejabat yang bergolongan rendah, sudah menjabat jadi kepala seksi atau kepala bidang! Makanya saya tidak banyak memberikan komentar/tanggapan tentang isu2 tsb.

Biarlah ASN secara keseluruhan yang akan menilai dan merasakannya. Terima kasih buat GNPK-RI yang turut membantu dan menjadi pengontrol kinerja Pemkab. Bandung Barat. Saya akan perintahkan BKSDM untuk berbenah diri dan mengusut tuntas kasus SK kenaikan pangkat bodong tersebut ,” Tegasnya.

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *