Dandim Batang Berikan Materi Wasbang Pada Siswa Baru SMUN 2 Batang

Bagikan berita:

Dandim Batang Berikan Materi Wasbang Pada Siswa Baru SMUN 2 Batang

Media-jabar.net Selasa 16/07/2019 Jawa Tengah – Batang — Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji yang mewakili komandan Kodim 0736/Batang letkol Kav Henry R.J Napitulu, memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tentang Bela Negara kepada para Siswa Baru SMAN 2 Batang yang berjumplah 300 siswa baru yang bertempat diaula SMAN 2 Batang Alamat Desa Pasekaran, Kkabupaten Batang, selasa (16/07/19).

Dalam pengarahan Wasbang tersebut disaksikan oleh Kepala sekolah SMAN 2 Batang Suraji, para Dewan Guru SMAN 2 Batang dan semua pengurus Osis. Memasuki masa orentasi tahun ajaran baru 2019/2020 SMAN 2 Batang di bekali tentang wawasan kebangsaan oleh Kosdim 0736/Batang tentang “kesadaran Bela Negara”.

Dalam pemberian materi pembekalan itu, mengenai pengetahuan dan wawasan kebangsaan, cinta tanah air serta bela negara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian, menambah wawasan akademis, berkreasi dengan kemampuan/Skill di lapangan sehingga menjadi generasi- generasi yang siap pakai nantinya.

Pada kesempatan ini Kasdim Batang Mayor Inf. Raji menjelaskan tentang pengertian bela negara ialah tekad, perilaku dan sikap warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan “eksistensi” hidup Bangsa dan Negara,” jelasnya.

“Bela negara juga dapat diartikan sebagai suatu konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi sebuah negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan menjaga dan mempertahankan keberlangsungan negara tersebut.

Selanjutnya Kasdim Batang juga mengatakan, “kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan sebagai siswa dalam peran ikut melakukan bela negara dilingkungan sekolah adalah, siswa belajar dengan baik dan memenuhi unsur wajib belajar secara akademik. Siswa mentaati tata tertib sekolah atau berdisiplin, menggalang kerja sama antar teman tanpa pandang bulu, hidup rukun dengan sesama warga sekolah,” ucapannya.

“Saya berharap, dalam hal ini sangat penting peran serta sebagai siswa di jaman merdeka dalam Bela negara yaitu jangan melakukan tawuran, hindari obat-obat terlarang (Narkoba), hindari pergaulan bebas, lengkap dalam berkendara, masuk sekolah tepat waktu, mengikuti tata tertib di sekolah dan masih banyak lagi hal-hal yang bersifat membangun,” pungka Kasdim.

Ditempat yang sama, Kepala sekolah Suraji menyampaikan, “saya sangat berterima kasih  kepada TNI- AD yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kepada peserta didik kami. Dan kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat dalam menumbuh kembangkan semangat generasi muda para siswa; siswi SMAN 2 Batang dalam mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki wawasan yang lebih luas lagi dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” harap Suraji.

(Den.Mj)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *