Pangdam III/SLW Bersama Kapolda Jabar Tinjau Pos Pam Terpadu Pileg dan Pilpres 2019 di Wilayah Kab.Garut

Media-jabar.net Minggu 14/04/2019 Jawa Barat – Garut — Panglima Kodam (Pangdam) III/SLW beserta Kapolda Jawa Barat Take off dari Lanud Husen (Bandung) beserta Rombongan menuju Garut dengan Menggunakan 2 Jenis Helly diantaranya Jenis Helly Bell 412 Noreg HA 5174 Milik TNI-AD dan Jenis Helly Bell Norek P – 3001 milik Polri.
Pangdam III/Slw (Mayjen TNI Tri Suwandono) dan Kapolda Jabar (Irjen Pol. Agung Budi Maryoto S,Ik) beserta pejabat lainnya. As Ops Dam III/Slw (Kolonel Inf Ferry) As Intel Dam III/Slw ( Kolonel Inf Bayu Sudarmanto )Aster Dam III/Slw ( Kolonel Inf G Hasto) Danpomdam 111/Slw ( Kolonel Cpm Andrey Satwika), Wakapolda Jabar (Brigjen Pol. Ahmad Wiyagus). Karo ops (Kombes Pol Leonidas braksan), Kasat Brimob Polda Jabar (Kombes Asep), sekitar pukul 09.34 Wib tiba di lapangan SOR Ciateul Jln . Merdeka Jayaraga Kec.Tarkid Kab Garut. Pada Minggu, 14 April 2019.

Kedatangan Panglima dan Kapolda di sambut Danrem 062/Tn, Bupati Garut, Dandim 0611/Garut, Kapolres Garut, Dandenpom III/2 Garut, Danyon Kav 4 Serbu dan Kasatpol PP Kabupaten Garut.

Dalam acara tersebut Panglima dan Kapolda beserta rombongan menerima paparan dari Kapolres Garut mengenai Data Pengamanan Pilleg dan Pilpres Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Garut.

Kegiatan di lanjutkan dengan Patroli Terpadu bersama TNI/POLRI di Wilayah Kota Garut di lepas oleh Kapolda didampingi pangdam III/SLW beserta Jajaran Pukul 09.49 Wib. Rombongan Panglima & Kapolda Rombongan melaksanakan Patroli terpadu di Wilayah Kota Garut antara lain Jl. Merdeka – Jl. Suherman -Alun Alun Tarkel Jl. Otista – Simpang Lima – Jl. Cimanuk – Bunderan Leuwidaun – Jl. Guntur – Sukarengan – Jl. Ahmad Yani meninjau Pos Kambling – Jl. Sudirman – Jl Merdeka dan kembali ke Lap SOR ciatel.

“Jadi kegiatan ini mulai tadi malam saya bersama Pangdam III dan jajaran. Tadi malam di wilayah Kota Bandung, malam hari. Untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa Polri diback up penuh TNI jajaran Kodam III Siliwangi dan seluruh jajarannya mengawal pesta demokrasi ini,” kata Kapolda Jabar di Garut.

Kapolda tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk hadir ke TPS dan memberikan hak politiknya. TNI-Polri menurutnya akan mengamankan selama proses demokrasi berlangsung.
“Semua (personel) sudah siap sampai selesai. (Anggota) baru ditarik kalau selesai,” tegasnya.

“Seperti walau ini zona aman tetap kita siapkan semuanya. Dan dari TNI-Polri juga ada personil yang di BKO-kan. Dari TNI lebih dari 10.000 dan dari Polri 24.000-an,” ucapnya.Ia memercayakan untuk teknis pengamanan diserahkan kepada Kapolres.

“Kapolres tau persis kapan harus patroli dan melakukan penjagaan untuk meyakinkan masyarakat agar berani datang ke TPS dengan aman dan tidak ada intimidasi. Kalau ada akan kita proses,” ungkapnya.

Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono menyebut bahwa pihaknya dalam mengamankan pesta demokrasi ini mengikuti kepolisian karena sifatnya membantu. Namun ia memastikan bahwa di Jawa Barat ini tidak ada hal yang menonjol.

“Jabar ini masyarakatnya agamis dan sadar hukum sehingga tidak akan ada yang mengganggu masyarakat Jawa Barat,” katanya.

Dalam kunjungannya sendiri, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi sempat berpatroli menggunakan kendaraan roda dua. Didampingi para jajaran, Kapolda dan Pangdam mendatangi Koramil GarutKota dan Pos Kamling di wilayah Kecamatan Garut Kota.

Kapolda dan Pangdam sendiri, di lokasi mengecek kesiapan dan memberikan bantuan untuk pengamanan kepada anggota Koramil dan penjaga Pos Kamling. Selanjutnya Pangdam III/Slw dan Kapolda Jabar beserta Rombongan meninggalkan Lap SOR Ciateul menuju Tasikmalaya dengan giat yang sama.** wahyudin

Editor & Penerbit: Den.Mj

Check Also

Kadis Dukcapil Kota Bogor Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Media-jabar.net | Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bogo…