Lapas Paledang Kota Bogor Gelar Peringatan Hari AIDS Sedunia “Saya Berani, Saya Sehat”

 

Lapas Paledang Kota Bogor Gelar Peringatan Hari AIDS Sedunia “Saya Berani, Saya Sehat”

Media-jabar.net Kamis 06/12/2018 Nasional – Jawa Barat – Kota Bogor — Dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang Kota Bogor, kali ini menggelar tayangan hiburan yang mendidik dan bermanfaat dalam bentuk penayangan FILM tentang HIV dan AIDS, pada kamis siang 6 Desember 2018.

Acara memperingati hari AIDS tersebutpun digelar di Aula Lapas Paledang dan sebagai pembukaan acara dibuka dengan penampilan opera seni yang diperankan oleh warga binaan dengan menyuguhkan penampilan yang memukau para hadirin yang menyaksikan acara tersebut.

 

Sambutan pembuka acara yang langsung dilakukan Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Paledang Kota Bogor Teguh Wibowo Bc.IP.,SH,M.Si, dan dihadiri oleh seluruh jajaran Lapas juga para tamu undangan dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bogor, BNN Kabupaten Bogor, AMMNI (Aliansi Media Massa Nasional Indonesia) DPC Bogor Raya, Yayasan peduli Lapas, dan ratusan warga binaan Lapas Paledang yang turut serta menghadiri acara tersebut, kamis (06/12).

Kalapas Kelas IIA Paledang Kota Bogor dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “acara memperingati hari AIDS sebetulnya pada tanggal 1 Desember, akan tetapi tidak ada kata terlambat. Sekarang ini, kita sengaja melakukan acara nonton bareng dalam bentuk penayangan FILM tentang HIV dan AIDS bersama warga binaan Lapas Paledang. Dengan maksud dan tujuan untuk memberikan tayangan hiburan yang mendidik serta bermanfaat. Selain itu juga memberikan informasi yang komporehensif dan optimal mengenai HIV dan AIDS dalam rangka pencegahan dan penemuan pengobatan infeksi. Sehingga dapat menekan laju epideminya virus HIV. Selain itu juga guna memberikan penjagaan dan pembentengan diri kita tentang bahaya HIV dan AIDS,” ucap Teguh.

“Saya berharap dapat meningkatkan kepedulian, kepekaan dan komitmen seluruh unsur warga binaan serta umum, berkaitan dengan penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia, kususnya dalam Lapas. Guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, untuk tidak melakukan stigma serta diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS. Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan tes HIV secara dini, meningkatkan akses pengobatan, perawatan, kepedulian serta dukungan terhadap orang dengan HIV dan AIDS,” sambung Kalapas dalam sambutannya, kamis (06/12).

Seusai memberikan sambutan pada pembukaan acara, Kalapas Paledang langsung melakukan Symbolisasi pemberian dan penyematan Pin Pita Merah kepada Kepala bagian Pembinaan Warga Binaan Lapas Paledang Roni Darmawan, dan perwakilan dari Media.

Acara dilanjutkan dengan menyaksikan tayangan film dokumenter tentang HIV dan AIDS. Diteruskan Dialog interaktif pencegahan dan penanggulangan. Konsultasi dan pemberian informasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. Acara pun ditutup dengan Do’a serta pembagian PIN pita merah. (Den.Mj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *