DanDim 0611/Garut hadiri Apel Gelar Pasukan kesiapan kompanye Terbuka dan Menjelang Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2019

Media-jabar.net Jumat 22/03/2019 Jawa Barat – Garut — Apel Gelar Pasukan kesiapan kampanye Terbuka dan Menjelang Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2019 dengan tema ‘Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2019 kita tingkatkan Sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan Kamdagri yang kondusif ‘, di Lapang Otista Alun – Alun Garut, Jum’at 22 Maret 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut
Danrem 062/TN diwakili Kasi Intel Rem 062/TN Letkol Inf Sandi Yudha, Dandim 0611/Grt, Bupati Garut di wakili Asda 1 Didit, Wadan Denpom III/2 Garut Mayor Cpm Pardiana, Kabagops Polres Garut Kompol Apri, Kadishub Kab.Garut, Perwakian Paslon No 01 dan No 02, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda , Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Amanat Menkopolhukam yang dibacakan oleh Asda 1 Kab.Garut, Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait Apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dan demokrasi dan integritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

Pemilu serentak tahun 2019 TNI Polri selaku institusi yang yang bertanggung jawab langsung terhadap jalannya Pemilu 2019 Bila menemukan adanya kerawanan dan hambatan harus dapat mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan hukum yang berlaku.

Amanat yang lainnya dari Kapolda Jabar yang di bacakan oleh Kapolres Garut, yakni Apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak dan masih di seluruh wilayah Indonesia di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten dan kota dengan melibatkan TNI Polri dan seluruh komponen bangsa lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mengecek sampai sejauh mana kesiapan personil sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemilu 2019 di wilayah hukum Polda Jabar agar dapat terlaksana dengan aman lancar dan damai.

Kapolda Jabar mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pangdam III/ Siliwangi Gubernur Jawa Barat instansi terkait dan peserta atas partisipasi dan kerjasamanya dalam melaksanakan apel gelar pasukan ini.

Pemilu tahun 2019 memiliki Kompleks kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen atau parlementer I sebesar 4% dalam kacamata Kamtibmas politik ini Tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas penyebaran isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax dan serviks yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia kampanye rapat umum selama 21 hari dari tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019 sesuai tahap-tahap KPU bahwa kampanye rapat umum partai politik serta Pasangan calon presiden dan wakil presiden dibagi menjadi dua Jona dengan waktu yang sudah ditentukan di mana Jawa Barat termasuk zona A, Saya berharap agar kampanye rapat terbuka dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Tentunya terdapat beberapa pilihan sehingga dapat menyebabkan adanya perbedaan yang secara otomatis masyarakat akan terpolarisasi terbelah pilihannya ini hal yang wajar dalam berdemokrasi Selama memiliki budaya politik yang bermartabat santun beretika dan bertanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku serta siap menang dan siap kalah walaupun berbeda pilihan kita harus tetap rukun dan tidak menjadikan perbedaan itu menjadi suatu konflik.

Amanat Pangdam III/ Slw dibacakan oleh Dandim 0611/ Garut, Menyapaikan bahwa Ajang Pemilu ini Bukan ajang untuk Membentur kan perbedaan antar kubu-kubu dengan kubu lain, tetapi ajang memilih Pemimpin yang berkualitas dengan menyodorkan Gagasan gagasan Politik untuk kemajuan bangsa dan negara.

Pahami tugas Pengaman pemilu Karena tugas ini merupakan kehormatan dan kebanggaan sebagai seorang Prajurit dan jadikan sebagai amal baik. Menjalin sinergitas AntaravTNI/ Polri d. Segera kenali temukan atasi Netralisir kerawanan Pemilu Tindak tegas hukum yg berlaku. Babinsa dan Babinkamtibmas agar ikut aktif berperan dan ikut meredam, Inventarisir dengan tokoh tokoh agar memberikan kehidupan yg tenang di Masyarakat, Ada 4 hal yang harus dipedomani yaitu ;

1. Keamanan dan Kondusifitas Wilayah Jabar Banten harus tetap terjaga.

2. Tetap menjaga Netralitas Tni , Polri dan Asn dalam Pemilu dan terciptanya Sinegritas TNI & Polri.

3. Waspadai adanya Politik Uang.

4. Waspadai Adanya Hoax dan ujaran Kebencian dengan cara menangkal harus melalui sinergitas secarakelembagaan.

Acara yang dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi damai oleh Perwakilan Potensi Masyarakat
Dengan Isi Deklarasi ;

1. Kami Adalah Mitra TNI & Polri Peduli kepada keamanaan , Ketertiban dserta peduli kepada NKRI yang berdadarkan Pada Pancasila & Uud 1945.

2. Kami adalah Mitra TNI & Polri Mendukung tugas2 TNI & Polri dlmka menjaga keutuhan NKRI.

3. Kami adalah Mitra TNI & Polri Menjaga keamanan dan ketertiban mayarakat yang kondusip.

4. Kami adalah Mitra TNI & Polri Mendukung tugas TNI & Polri dalam memberantas hoax dan ujaran kebencian.

5. Kami adalah Mitra TNI & Polri akan Mensukseskan pemilu 2019 yang aman dan damai.
**wahyudin

Editor & Penerbit : Den.Mj

Check Also

Polres dan Kodim 0736 Bagikan Ratusan Takjil dan Masker Untuk Pengendara

Media-jabar.net | Polres Batang-Ratusan pengendara yang melintasi Jalan Gajah Mada tepatny…