PPSNZJ Bekerjasama Dengan Polsek Kawasan Muara Baru dan Instansi Terkait Gelar Sosialisasi, Simulasi Tanggap Darurat Penanggulangan Kebakaran

Media-jabar.net | JAKARTA — Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, Kepala Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) bekerjasama dengan Polsek Kawasan Muara Baru dan Instansi terkait mengadakan Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Darurat Penanggulangan Kebakaran terhadap gedung, bangunan dan kapal perikanan, Kamis (12/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di Pasar Ikan Terintegrasi (PIT) Pelabuhan Muara Baru ini dihadiri oleh Kepala PPSNZJ Ir. R. Irawan, A.Pi, M.M, Kelapa Perum Perindo Cabang Jakarta Arief Hidayat, Kapolsek Muara Baru AKP Slamet Riyanto SH,SIK., M.Si, Kasie Sektor  Damkar Penjaringan Jakut Subadi, dan 255 Orang terdiri dari Karyawan/Karyawati PPSNZJ, Perum Perindo, Kesehatan, Damkar Wilayah Jakarta Utara, Personil Polsek Kawasan Muara Baru, Astuin, HNPN , Pokdar, Penjaga Kapal, Nahkoda dan pemilik kapal perikanan.

Sosialisasi tanggap darurat penanggulangan kebakaran terhadap gedung, bangunan dan kapal perikanan dibawakan oleh Sumarno selaku Danton B  Pos Damkar Pademangan wilayah Jakarta Utara di dalam ruangan PIT Pelabuhan Muara Baru.

Sedangkan simulasi kebakaran dilaksanakan di lantai atas Gedung Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zahman Jakarta Kantor Pelayanan Terpadu Dermaga Barat dan simulasi kebakaran di Kapal Mina Antasena, dalam pemadaman api kebakaran melibatkan dua unit Damkar dari Pos Damkar Pelabuhan Muara Baru dan satu unit Kapal Pemadam Mina Antasena Milik PPSNZJ.

Sebelum praktek memadamkam api menggunakan alat, terlebih dahulu Sumarno memberitahukan alat-alat kebakaran dan cara penggunaannya yaitu Apar berisi Co2, untuk memadamkan api di dalam ruangan tidak menimbulkan bekas atau kotoran, Apar merk Protect berisi serbuk kimia kering/forder untuk kebakaran di luar ruangan seperti benda padat namun menimbulkan residu/kotoran, Apar merk Central Model AFF 6 FC/Cemical Foam Fire Extinguisher untuk bahan cair sepeti oli, Apar Fire Extinguisher Ball seperti bola menggunakan sumbu, berisi busa busa untuk memadamkan api, apar ini dapat digantung bilamana ada api akan meledak sendiri, Apar merk Bonek berupa cairan berwarna merah yang dapat di campur air untuk memadamkan api. (dade)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *