Satpol PP Garut Gelar Kegiatan Penguatan Linmas Merata Terintegritas Lintas Sektoral

Satpol PP Garut Gelar Kegiatan Penguatan Linmas Merata Terintegritas Lintas Sektoral

Media-jabar.net Rabu 08/05/2019 Jawa Barat – Garut — Kegiatan penguatan linmas merata terintegritas lintas sektoral, dengan tema “melalui Pelatihan peningkatan kapasitas limnas yang berkarakter terampil dan profesional”, yang digelar di aula kantor kelurahan Margawati, dengan narasumber, Kasat Pol PP Garut.

Danramil 1101/Garut Kota,
Kapolsek Garut Kota, BPBD dan Dinas Damkar, Kasi Trantib Kecamatan Garut Kota dan para tamu undangan lainnya, yang di ikuti sebanyak 30 (tigapuluh) orang anggota Linmas aktif dari 11 (sebelas) kelurahan di wilayah kecamatan Garut kota, Rabu 8 Mei 2019.

Dalam sambutannya Kepala Satpol PP Garut, Hendra S Gumilang yang disampaikan oleh kabid Linmas Agus Koswarat, “tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan serta ketrampilan bagi anggota Linmas/Hansip, selain itu mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan bersikap tanggap, cepat, dan tepat dalam penanganan bencana. Yang merupakan garda terdepan di masyarakat dalam menangkal semua bentuk ancaman ganguan kantibmas dan penanganam bencana alam.dalam menangani tugas-tugas perlindungan masyarakat di daerahnya masing-masing, “ucapnya.

Lanjut Agus Koswara kegiatan ini akan terus di lanjutkan secara berkesinambungan di tahun tahun yang akan datang dan kegiatan ini non apbd atau tidak di danai oleh anggaran pemerintah/Pemda.

Tambah Agus, LINMAS (Perlindungan Masyarakat) Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 memiliki beberapa unsur kata, yaitu :Warga masyarakat Yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta
keterampilan Penanganan Bencana dan mengurangi/memperkecil resiko bencana Ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakatIkut dalam kegiatan sosial masyarakat.

Tugas Linmas :
a) Mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan.
b) Masyarakat serta pengamanan swakarsa.
c) Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa.
d) Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa.
e) Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu.
f) Menyiapkan satuan perlindungan masyarakat dalam rangka mendukung pengamanan penyelenggaraan pemilu.
g) Menyiapkan dan melakukan kesiapsiagaan satuan perlindungan masyarakat untuk penugasan, pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban bencana;
h) Mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan satuan perlindungan masyarakat.
i) Membuka pos pantau bencana sebagai media informasi satuan perlindungan masyarakat.
j) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Bidang.ucap agus

Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Garut Tb Agus Sopyan H. SH., MH., menjelaskan kepada para peserta pelatihan Bahwa kec garut kota merupakan salah satu potensi ancaman nya pergerakan tanah. Longsor dan banjir bandang. Maka dari itu untuk kesiapsiagaan kebencanaan bpbd garut secara persuasip mengadakan mitigasi strukturan maupun non struktural. Dan yang non struktural kami memberikan pemenuhan kapasitas terhadap anggota linmas kec. Garut kota Dan mempersiapkan utuk jalur evakuasi. Dan Untuk banjir atau longsor.

Lanjut Tb Agus, Sopian Sejumlah wilayah di Kab Garut merupakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor, angin rebut, dan banjir, untuk itu anggota Hansip/perlindungan masyarakat (Linmas)dituntut untuk tanggap bencana yang terjadi di wilayahnya.

“Anggota Linmas/Hansip. merupakan garda terdepan di wilayah pedesaan, sehingga apabila terjadi bencana seperti tanah longsor, angin rIbut dan banjir Linmas dituntut untuk tanggap terhadap bencana untuk menjadi pelindung bagi masyarakat,” ucap Tb Agus Sopian.** wahyudin

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *