Sambut 18 Warga Korban Kerusuhan Wamena, Wabup Garut Intruksikan Dinsos Bentuk Tim Pemulihan Psikologis

Media-jabar.net | Jawa Barat – Garut — Sejumlah 18 (delapanbelas) orang perantau asal Kabupaten Garut, yang dipulangkan dari wilayah kerusuhan Wamena, Papua, sekira pukul 22.30 WIB, Rabu (09/10) tiba dilapangan Setda Kabupaten Garut. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman bersama Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto ST MTr (HAN), Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah SIK MIK sudah menunggu kedatangan warga yang dijemput tim dari Dinas Sosial (Dinsos)  Garut dan Baznas Garut.

Diberitakan sebelumnya 18 warga Garut ini diserah terimakan Tim Dinsos Provinsi Jawa Barat kepada Pemkab Garut di Pakuan, Kota Bandung. Adapun data warga Kabupaten Garut ini diantaranya berasal dari Kecamatan Sukaresmi 10 orang, Bayongbong 3 orang, Samarang 1 orang, Sukawening 1 orang, Pasirwangi 1 orang, Tarogong Kaler 1 orang dan 1 orang lagi dari Malangbong.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman usai menerima kedatangan warga tersebut mengatakan, 18 warga tersebut dalam kondisi sehat tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan.

“Alhamdulillah secara fisik dan pemeriksaan medis semuanya warga yang dijemput sekarang ini kondisinya sehat walafiat,” ujar Helmi.

Dalam kesempatan tersebut, Helmi melakukan dialog langsung diruang Setda Kabupaten Garut, dengan kedelapan belas warga. Selanjutnya Wakil Bupati juga menugaskan para Camat yang sengaja dihadirkan, untuk mengantarkan warga sampai kerumahnya masing-masing.

“Selamat datang kepada semuanya, penyambutan sekarang ini mewakili 2,7 juta jiwa warga Kabupaten Garut, yang bahagia karena semua yang dijemput ini selamat, dan hal ini sengaja dilakukan untuk memberikan ketenangan, rasa aman bagi bapak-bapak semua, saya tugaskan juga nanti para Camat untuk mengantarkan dan memastikan sampai ke rumah dan keluarganya,” beber Helmi.

Wakil Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas Sosial agar mengagendakan kunjungan langsung kepada semua korban kerusuhan Wamena ini. Agar Pemkab juga bisa memastikan lagi kondisi pasca kepulangan hari ini.

“Saya tugaskan juga kepada Dinas Sosial untuk membentuk tim nanti, dan melakukan kunjungan ke masing-masing alamat warga yang delapan belas warga ini,” tandas Helmi.

Sambutan selamat datang juga disampaikan Kapolres Garut dan Dandim 0611 Garut. Selanjutnya atas nama Pemkab, Wakil Bupati Garut, Kapolres dan Dandim 0611 Garut memberikan secara simbolis uang kadeudeuh 1 (satu) juta rupiah dari Baznas Kabupaten Garut kepada warga korban kerusuhan Wamena Papua.** wahyu

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.