PDAM Tirta Intan Garut Jelang Ramadhan Ketersediaa Air Stabil

PDAM Tirta Intan Garut Jelang Ramadhan Ketersediaa Air Stabil

Media-jabar.net Jumat 03/05/2019 Jawa Barat – Garut — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Garut, menjelang memasuki bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, ketersediaaan air bagi 50.187 pelanggan terbilang cukup dan stabil. Hal tersebut disampaikan Hanan S.Sos sebagai Direktur Teknik, kepada awak media-jabar.net di ruang kerjanya, jln Raya Bayongbong KM 3, Garut, pada Kamis 02 Mei 2019.

Dikatakan Direktur Teknik PDAM Tirta Intan Garut Hanan S.Sos, “sampai saat ini masih tercukupi terlebih untuk wilayah kerja cabang Garut kota, Tarogong Kidul, Tarogong kaler dan cabang- cabang yang lainnya. Kami juga terus melakukan dan melaksanakan perbaikan-perbaikan saluran rusak, hilang atau tersumbat yang mengakibatkan air tidak sampai kepada pelanggan,” ucapnya.

“Hal itu dihawatirkkan ada beberapa kendala terutama di daerah hulu sumber air yang tersumbat dan kebocoran di instalasi yang mengakibatkan tidak nyampainya air tersebut. Kami juga terus dan sedang mempesiapkannya, terlebih untuk pelayanan pelanggan, tapi air ke pelanggan bukan semuanya dari sumber mata air secara gravitasi saja, tapi ada juga sumber air yang menggunakan pompa listrik. dan bila terjadi pemadaman secara otomatis kami harus menyediakan generator generator yang saat ini belum terserdia dengan lengkap untuk menghandel atau mengoptimalkan ketersedian air ke konsumen. Disaat padam listrik kami tidak bisa langsung mengumumkan kepada pelanggan bahwa aliran air itu berhenti terlebih pada musim hujan seperti saat ini. Apalagi bila terjadi adanya kendala secara teknis dan tiba tiba, kami berupaya dengan seluruh cabang-cabang untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat pelangggan, walaupun ada bebera tempat yang masih dalam perbaikan saluran. Seperti diwilayah cabang cikajang, cilawu, pameungpeuk dengan perbaikan pompa, bahkan saat ini kami sedang memperbaiki saluran yang ada di wilayah cabang cibatu, karangpawitan dan rancabango yang ada wilyah cabang tarogong kaler. Untuk samarang ada penambahan debet air, sebelumnya Pelayanan Tarogong kaler yang kurang baik, tetapi sekarang bisa teratasi dan ketersediaan debet air cukup,” jelasnya.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM Tirta Intan Garut, tidak hanya mengabil dari sumber mata air saja, sekarang banyak mengambil dari sumber perpipaan sumber mata air,
dan secara otomatis akan menambah biaya oprasional yang besar untuk dikeluarkan. Dengan konsep K3 Kwalitas air cukup bagus, Kuantitas banyaknya sumber mata air yang bisa diproduksi, Kontinuitas berusaha memberikan pelayanan secara maksimal 24 jam. Mudah-mudahan PDAM kedepannya bisa memenuhi pelayanan yang prima kepada pelanggan,” tandasnya.

Hanan menghimbau, “untuk mempercepat pengaduan, pelanggan diharapkan konsumen bisa melampirkan nomor pelanggan, bila perlu dengan bukti rekening.¬† Hal itu untuk memudahkan kita dalam pengecekan dilapangan,” pungkasnya
**wahyudin

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *