Warga Desa Bojong Mangu Berharap di buatkan Bendungan Oleh Satgas Citarum Harum Sektor 20

Media Jabar.Net.BEKASI ,- DanSub sektor 1 Sektor 20 Bojongmangu Sertu Rusdi Alamsyah meninjau langsung keberadaan Bendungan Dadakan yang di buat warga di kampung. Jegang Rt 04 Rw 02 di Desa Bojongmangu kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi , Selasa (28/7/2020)

Kalicihanjuang ini merupakan anak kali dari Cibeet setelah adanya pengaduan dari masyarakat setempat yang memang sangat membutuhkan agar bisa menambah swasembada pangan dalam bercocok tanam. Hal ini tentunya sejalan dengan apa yang sedang di galakan pemerintah pusat yaitu program ketahanan pangan.

Dan sub sektor 1 Sektor 20 Bojong mangu , Sertu Rusdi Alamsyah terjun bersama Kepala Desa Bojong mangu Ibut Jari ke lokasi bendungan Dadakan buatan warga di Kp. Jegang Desa Bojong mangu di Kecamatan Bojong mangu .

Menurut Dansektor 20 Kolonel Inf. Suyitno Melalui Serka  Rusdi mengatakan kepada Media Jabar mengatakan ,” Peninjauan ke lapangan ini terkait pengaduan masyarakat sekitar akibat kesulitan air pada saat datang musim kemarau , warga yang mayoritas petani ini berharap di buatkan Bendungan di anak kali di wilayah ini, karena kalau di buatkan bendungan permanen akan sangat bermanpaat  untuk lahan persawahan,  yang biasanya hanya di tanami pas musim hujan saja ,” Ucap nya .

Rusdi menbahkam ,” jika ada bendungan air dari hulu meskipun kecil bisa tertampung, ini bisa bermanpaat bagi masyarakat sekitar yang kebanyakan hidup dari pertanian , kemungkinan bila 3 kali panen dalam setahun,

Karena desa Bojongmangu ini salah satu kecamatan yang sangat sulit air di wilayah Kabupaten Bekasi bagian selatan kebutuhan aliran air untuk irigasi sawah mereka,” Pungkas Sertu Rusdi alamsyah .

Warga Desa Bojong mangu berharap Bendungan bisa dimanfaatkan untuk irigasi selain buat Kebutuhan sehari hari juga bisa ke sawah sawah mereka menggunakan (pintu klepnya).

Dengan begitu, air kali Cihanjuang bisa mengalir maksimal ke pengairan persawahan masyarakat Desa Bojong mangu .

Menurut salah seorang warga mengatakan,”Selama ini kami butuh irigasi untuk sawah, Kalau seandainya ada bendungan mungkin tidak ada lagi warga yg membuat bendungan bendungan dadakan, sehingga kali cihanjuang terlihat asri dan air masih bisa tertampung banyak untuk ke kebutuhan sehari hari atau persawahan,” ujar warga.

Untuk itu, warga berharap kepada Satgas Citarum Sektor 20 untuk mempasilitasi untuk di buatkan tanggul di sisi kali cihanjuang .( Asep/ Jpch).

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.