Unit Satwa K-9 Ringankan Kinerja Polres Batang

Media-jabar.net | Jawa Tengah – Batang — Mendukung dan membantu kinerja petugas, Mapolres Batang mensiagakan beberapa ekor satwa anjing atau unit K-9 yang bertujuan untuk meringankan tugas aparat kepolisian dalam berbagai kegiatan.

“Unit satwa K-9 tersebut diantaranya, Hokky Belgian spesialis pelacak umum, Cindy Dutch Sepherd spesialis pelacak narkotik, Rokky German Sepherd All White spesialis pelacak narkotik dan Bruno,” kata Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga disela-sela peresmian kantor Unit K-9 dan ruangan Media Management Center, Senin (11/11/2019).

Menurut Kapolres, masing-masing satwa K- 9 ini memiliki spesialisasi sendiri-sendiri dalam membantu kinerja aparat kepolisian. Seperti untuk melacak kejahatan narkotika, melacak jejak kriminal umum, membantu melacak keberadaan pelaku dan barang bukti kejahatan, serta pengendali massa.

“Keberadaan unit satwa K-9 ini, sudah banyak membantu kinerja petugas. Baik saat penanganan tindak kejahatan, kasus narkoba, pengamanan kegiatan sepak bola dan sebagainya. Semuanya terdidik dan terlatih,” jelasnya.

AKBP Edi S Sinulingga menyebut keberadaan kantor unit satwa K-9 ini dibangun untuk mempermudah dalam berkordinasi dengan anggota K-9, sehingga sewaktu – waktu dibutuhkan siap digerakan. Selain itu, anggota polisi satwa bisa standby di kantor unit yang siap siaga 24 jam.

“Kantor yang kita resmikan untuk anggota Polisi Satwa K9, kalau dulu setelah melatih mereka kebingunan untuk istirahat, kini para pawang anjing sudah memiliki kantor untuk istirahat,” tutur Kapolres.

(J/Den.Mj)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.